eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Efektivitas Pelayanan Berbasis Digital di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat (Ronny Steelsen)

Submitted by: ,
On: Apr 5, 2024 @ 6:51 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Efektivitas Pelayanan Berbasis Digital di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat
  • Pengarang (nama mhs): Ronny Steelsen
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan berbasis digital di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat dengan melihat indikator efektivitas pelayanan yaitu kemudahan dalam pengurusan, pelayanan secara wajar, memberikan pelayanan yang sama tanpa ada perbedaan, serta petugas yang jujur dalam memberikan layanan berbasis digital pada masyarakat Kutai Barat. Teknik pengumpulan data ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber informasi dalam penelitian ini yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, staff pegawai kantor pelayanan serta masyarakat selaku pelaksana dan penerima manfaat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model Interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan berbasis digital di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat sudah efektif namun belum berjalan dengan baik yang didasarkan pada kategorisasi seperti adanya tercapai tujuan dalam pelayanan berbasis digital yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Barat dalam artian sebagian masyarakat sudah memahami pelayanan berbasis digital ini dan mengikuti prosedur yang diberikan serta dengan kemudahan dalam pengurusan, pelayanan secara wajar, dilakukan secara adil tanpa ada perbedaan, adanya kepedulian dan sikap jujur pegawai dalam memberikan pelayanan. Adapun faktor yang menghambat dalam pelayanan yaitu sarana yang terkadang mengalami gangguan jaringan sehingga tidak bisa tepat waktu dalam penyelesaian pelayanan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Kependudukan berbasis Online, Digital Government , Inovasi Pelayanan,
  • NIM: 1602015079
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle, M.AP
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 12
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2024
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Ronny Steelsen (04-05-24-06-51-47).doc (163 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 198. Hlmn Persetujuan Jurnal Ronny Steelsen 2016_signed (04-05-24-06-51-47).pdf (609 kB)

Print Friendly, PDF & Email