eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Efektivitas Pelayanan Jemput Bola dalam Meningkatkan Kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Disdukcapil Kota Balikpapan (Azari Pradya Devi Shavira)

Submitted by: ,
On: Oct 24, 2023 @ 2:52 AM
IP: 103.187.88.26

  • Judul artikel eJournal: Efektivitas Pelayanan Jemput Bola dalam Meningkatkan Kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Disdukcapil Kota Balikpapan
  • Pengarang (nama mhs): Azari Pradya Devi Shavira
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan jemput bola yang dilakukan dalam meningkatkan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pelayanan jemput bola Kartu Identitas Anak (KIA). Metode penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, lokus penelitian di Disdukcapil Kota Balikpapan, fokus penelitian terdapat dua hal, yaitu: efektivitas pelayanan jemput bola dalam meningkatkan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pelayanan jemput bola Kartu Identitas Anak (KIA), dan model analisis data yang digunakan milik Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan jemput bola berhasil meningkatkan capaian target kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA), hal tersebut dibuktikan dengan mengukur dari beberapa indikator efektivitas milik Budiani, yaitu: ketepatan sasaran program yang sudah sesuai untuk anak usia 0-17 tahun kurang satu hari, sosialisasi program yang dilakukan melalui media sosial dan kerja sama dengan beberapa pihak lainnya, tujuan program yang mampu mencapai target kepemilikan KIA di kota Balikpapan pada tahun 2022 sebanyak 66,20% dari target nasional 62%, dan pemantauan program juga sudah dilakukan dengan baik melalui pembagian tugas masing-masing. Selain itu, untuk faktor pendukung dengan memiliki sarana prasarana yang lengkap dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sudah kompeten di bidangnya. Sedangkan, faktor penghambat apabila terjadi hilang jaringan, terjadi hujan yang menyebabkan tertunda pelayanan jemput bola, dan rendahnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan Jemput Bola, Capaian Target, Kartu Identitas Anak
  • NIM: 1902016027
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2019
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle, M.AP.
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 11
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2023
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal Azari Pradya Devi Shavira (10-24-23-02-52-51).doc (144 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 145. Hlmn Persetujuan Jurnal Azari Pradya Devi Shavira 2019_signed (10-24-23-02-52-51).pdf (554 kB)

Print Friendly, PDF & Email