eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

EFEKTIVITAS LAYANAN PENGADUAN DALAM MENINGKATKAN RESPONSIBILITAS SAMSAT INDUK DI KOTA SAMARINDA (Ramadani)

Submitted by: ,
On: Nov 10, 2020 @ 3:24 AM
IP: 180.244.80.52

  • Judul artikel eJournal: EFEKTIVITAS LAYANAN PENGADUAN DALAM MENINGKATKAN RESPONSIBILITAS SAMSAT INDUK DI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Ramadani
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas penyediaan fasilitas layanan pengaduan dalam meningkatkan responsibilitas Samsat Induk di Kota Samarinda, dan untuk mengindentifikasi faktor penghambat Efektivitas Penyediaan Fasilitas Layanan Pengaduan dalam Meningkatkan Responsibilitas Samsat Induk di Kota Samarinda. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Sumber data primer melalui key informan yaitu, Kepala Administrasi Pelayanan, Kepala Seksi Pendataan dan Penetapan dan wajib pajak sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan, penelitian lapangan dari observasi, wawancara dan penelitian dokumen. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah data model interaktif seperti yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman serta Johnny Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas layanan pengaduan dalam meningkatkan responsibilitas masih sangat kurang baik, terkait layanan Public Complain yang telah berjalan saat ini belum menujukkan hasil yang maksimal karena adanya ketidaksinambungan antara penerapan program dengan keluhan dan kritik wajib pajak serta belum mampu menjadi penghubung antara kebutuhan masyarakat mengenai pengurusan pajak dengan relasi pelayanan, pengelolaannya belum memberikan hasil yang memuaskan sebagai program penunjang peningkatan dan bahan evaluasi kerja dalam memberikan layanan langsung kepada para wajib pajak, beberapa produk Public Complain yang telah dikembangkan dalam urusan pelayanan pajak belum memberikan kontribusi yang efektif, serta hambatannya pada kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak Samsat Induk kota Samarinda serta minimnya keikutsertaan para wajib pajak Sehingga dapat di simpulkan bahwa tingkat responsibilitas sangat kurang baik dikarenakan dalam pengelolaan fasilitas layanan pengaduan yang tidak efektif.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Layanan Pengaduan,Responsibilitas, Layanan Samsat
  • NIM: 1402015131
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2014
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Farhanudin Jamanie, M.Si dan Dr.Enos Paselle, M.AP
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 8
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): EJOURNAL B (11-10-20-03-24-23).docx (47 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): EJOURNAL B (11-10-20-03-24-23).pdf (155 kB)

Print Friendly, PDF & Email