eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM PELAYANAN PERIJINAN DI KANTOR CAMAT SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA (Risa Monalisa)

Submitted by: ,
On: Oct 24, 2018 @ 7:04 AM
IP: 36.83.45.212

  • Judul artikel eJournal: KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM PELAYANAN PERIJINAN DI KANTOR CAMAT SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Risa Monalisa
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi kinerja Pegawai negeri sipil dalam memberikan pelayanan perijinan di kantor camat sungai kunjang kota samarinda dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kinerja pegawai negeri sipil dalam memberikan pelayanan perijinan di kantor camat sungai kunjang kota samarinda. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan fokus penelitian mengenai kinerja Pegawai negeri sipil dalam pelayanan dan perijinan yang meliputi kuantitas pelayanan perijinan yang dapat diselesaikan, kualaitas pelayanan perijinan pada masyarakat, kreativitas pegawai dalam pelayanan perijinan, keterampilan pegawai dalam pelayanan perijinan, kedisiplinan dalam pegawai dalam pelayanan, kerjasama pegawai dalam memberikan layanan perijinan, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kinerja pegawai negeri sipil dalam pelayanan perijinan tersebut. Sumber data primer dalam penelitian ini antara lain camat sungai kunjang, para kasi dan kasubbag, staf pelaksana dan warga penduduk yang memerlukan layanan perijinan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah model interaktif yang dikembangkan miles, huberman dan saldana. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja pegawai negeri sipil dalam pelayanan perijinan di kantor camat sungai kunjang kota samarinda secara aplikatif kurang optimal yang terindikasi dari subfokus penelitian yang telah ditetapkan tidak semuanya memenuhi yang diharapkan. Meski demikian dari data yang diperoleh terindikasi cukup baik. Faktor-faktor yang mendukung kinerja pegawai dalam pelayanan perijinan antara lain faktor regulasi komitmen camat dan pimpinan vertikal yang kuat serta motivasi para pelaksana mempunyai andil untuk menunjang pelayanan, dengan demikian kepentingan warga penduduk dapat diseleaikan sesuai yang diharapkan. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat kinerja Pegawai negeri sipil dalam memberikan pelayanan perijinan di kantor camat sungai kunjang kota samarinda antara lain : beragamnya kempuan pegawai, kurang tersedianya sarana dan prasarana operasional yang memadai, beragamnya pegawai yang cukup dan terampil,terbatasnya kewenangan camat sungai kunjang kota samarinda dalam menentukan kebijakan terutama yang berhubungan dengan peningkatan kinerja pegawai.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kinerja Pegawai Negeri Sipil,Pelayanan Perijinan.
  • NIM: 1102015238
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Enos Paselle, M.AP dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Negara
  • Volume: 6
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2018
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal FIX Risa Monalisa (10-24-18-07-04-43).doc (100 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal FIX Risa Monalisa (10-24-18-07-04-43).pdf (226 kB)

Print Friendly, PDF & Email