eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA (Lilis Novia Saraswati)

Submitted by: ,
On: Nov 3, 2017 @ 7:12 AM
IP: 36.83.46.54

  • Judul artikel eJournal: IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Lilis Novia Saraswati
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Lilis Novia Saraswati, “Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Dr. H.Syahrani, M.Si sebagai pembimbing 1 dan Bapak Dr. Enos Paselle, M.AP sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda dengan indikator: Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar yang terdiri dari mekanisme pengusulan, sosialisasi, pelayanan pengaduan masyarakat, dan pemantauan pelaksanaan PIP serta faktor-faktor penghambat dalam Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian yaitu data primer dan data sekunder, dimana data primer didapat dari key informan yaitu Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda yang dipilih melalui teknik purposive sampling, dan informan yaitu Staff Kelembagaan Peserta Didik yang juga bertugas sebagai Operator Program Indonesia Pintar untuk jenjang SD di Kota Samarinda, Kepala Sekolah dan Operator Sekolah yang tugasnya berhubungan dengan masalah-masalah yang diteliti dengan menggunakan teknik purposive sampling , selain itu juga orang tua siswa yang menerima bantuan dana Program Indonesia Pintar (PIP) serta orang tua siswa yang dalam kriteria masuk sebagai penerima bantuan dana Program Indonesia Pintar namun kenyataannya tidak menerima. Kemudian data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen, serta internet. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa implementasi kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) pada Jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda belum berjalan maksimal sebagaimana mestinya hal ini terlihat dari beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan kebijakan PIP sehingga belum sesuai dengan pedoman yang terdapat dalam Petunjuk Pelaksanaan PIP, diantaranya data yang digunakan dalam penentuan siswa calon penerima KIP masih kurang akurat, waktu pencairan dana PIP yang terlambat, kegiatan sosialisasi yang masih kurang optimal dilakukan, lamanya waktu verifikasi kepemilikan KIP, serta masih rendahnya kesadaran wali murid tentang peruntukkan bantuan PIP.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Implementasi, kebijakan, program indonesia pintar
  • NIM: 1302015037
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. H. Syahrani, M.Si dan Dr. Enos Paselle, M.AP
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 5
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2017
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): JURNAL (11-03-17-07-12-36).doc (111 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL (11-03-17-07-12-36).pdf (141 kB)