eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI BIDANG AKADEMIK PADA BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN (ALI MUSTOFA)

Submitted by: ,
On: Jan 12, 2016 @ 5:21 AM
IP: 125.160.38.151

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI BIDANG AKADEMIK PADA BAGIAN AKADEMIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN
  • Pengarang (nama mhs): ALI MUSTOFA
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Ali Mustofa, 2015, Kualitas Pelayanan Administrasi Bidang Akademik Pada Bagian Akademik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Bimbingan Bapak Drs. Endang Erawan, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Administrasi Bidang Akademik Pada Bagian Akademik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik dan untuk mengidentifikasi faktor penghambat Kualitas Peayanan Administrasi Bidang Akademik Pada Bagian Akademik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.
    Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Kualitas Pelayanan Administrasi Bidang Akademik: yang meliputi Tangible (bukti fisik), Reliability (kehandalan), Responsiviness (ketanggapan), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati) dan faktor penghambat kualitas pelayanan bidang akademik. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas Key Informan yaitu Kepala Sub Bagian Akademik dan Wakil Dekan I dan informan penelitian yakni staf/pegawai akademik dan mahasiswa yang diperoleh melalui metode Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui, kepustakaan, observasi, wawancara dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
    Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa bagian akademik fisip unmul memiliki peranan penting dalam memberi pelayanan administrasi akademik terhadap seluruh mahasiswa, meskipun kualitas pelayanan yang diberikan belum mencapai 100% karena belum memenuhi kebutuhan mahasiswa. Namun proses pelayanannya sudah cukup baik dan sesuai dengan peraturan Akademik yang berlaku dan SOP yang ada. Untuk faktor penghambatnya yakni, masih ada pegawai yang kurang ramah, ruangan yang tidak sesuai dengan jumlah staf yang bekerja dan mahasiswa yang melakukan pelayanan, serta kurangnya kesadaran dan kepatuhan mahasiwa terhadap aturan yang telah ditetapkan bagian akademik.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kualitas Pelayanan Bidang Akademik
  • NIM: 1102015054
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
  • Program Studi: Ilmu Administrasi Negara
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Endang Erawan, M.Si & Dini Zulfiani, S.sos., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Ilmu Administrasi Negara
  • Volume: 4
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2016
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Administrasi Negara ali (01-12-16-05-21-46).docx (46 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJournal Administrasi Negara ali (01-12-16-05-21-46).pdf (73 kB)

Print Friendly, PDF & Email