eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

STUDI TENTANG PENERAPAN STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) PENGADUAN LAYANAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SAMARINDA (Zulkarnain, Bambang Irawan, Cathas Teguh Prakoso)

Submitted by: izul, izul
On: Nov 22, 2021 @ 5:53 AM
IP: 103.31.207.25

  • Judul artikel eJournal: STUDI TENTANG PENERAPAN STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) PENGADUAN LAYANAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Zulkarnain, Bambang Irawan, Cathas Teguh Prakoso
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan SOP pengaduan layanan di PDAM Kota Samarinda dan faktor penghambat yang dihadapi dalam penerapan SOP pengaduan layanan. Penelitian ini dilakukan di Kantor PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda. Fokus penelitian dalam penerapan SOP pengaduan layanan di Kantor PDAM Kota Samarinda meliputi: a. Persyaratan pelayanan penanganan pengaduan, b. Sistem, mekanisme, dan prosedur, c. Biaya/tarif, d. Waktu penyelesaian, e. Layanan pemasangan sambungan baru, f. Layanan perbaikan water meter. Narasumber meliputi koordinator Contact Center Kantor PDAM. Dari hasil penelitian masih adanya kendala seperti kurangnya penyaluran air dalam pipa induk, kurangnya SDM di lapangan dan banyaknya tunggakan pelanggan sehingga penyelesaian dalam pengaduan tersebut terkadang tidak tepat waktu dan terhambat.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kata Kunci: SOP, Pengaduan Layanan, PDAM Kota Samarinda
  • NIM: 1302015153
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Bambang Irawan, Cathas Teguh Prakoso
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 9
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2021
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal Zulkarnain (11-22-21-05-53-35).docx (22 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal Zulkarnain (11-22-21-05-53-35).pdf (108 kB)