eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA (Cindiana Putri)

Submitted by: ,
On: Oct 14, 2021 @ 1:30 AM
IP: 5.182.16.12

  • Judul artikel eJournal: IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Cindiana Putri
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Cindiana Putri, “Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) pada Jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda” dengan bimbingan Ibu Thalita Rifda Khaerani, S.A.P., M.Si sebagai dosen pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi dan mendeskripsikan faktor penghambat kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) pada jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Jenis penelitian adalah deskriftif kualitatif. Fokus penelitian yaitu implementasi kebijakan PIP dengan sub fokus mekanisme pengusulan dan penetapan serta pemantauan PIP dan faktor penghambat pelaksanaan PIP. Sumber data primer dari key informan yaitu staf tim pokja PIP, Kepala dan staf Seksi Kelembagaan Peserta Didik Dinas Pendidikan Kota Samarinda, Kepala dan Staf SDN 003 dan SDN 024 Samarinda Utara serta infroman yaitu staf BPKP RI Kaltim, staf BPK RI Kaltim, staf BRI KC Kota Samarinda, orang tua peserta didik SDN 003 dan SDN 024 Samarinda Utara. Data sekunder yaitu dokumen, gambar, dan diagram. Teknik pengumpuland data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Kesimpulan implementasi kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Pada mekanisme pengusulan dan penetapan PIP telah berjalan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan PIP tetapi proses pengusulan nama yang belum maksimal karena pihak sekolah menyamaratakan pengusulan peserta didik sehingga tidak mengutamakan penerima sesuai prioritas. Mengenai 4 aspek pemantauan yaitu Ketepatan sasaran penerima PIP bahwa pihak sekolah belum maksimal melakukan pendataan peserta didik pemilik KIP, Ketepatan jumlah dana sebesar Rp225.000 atau Rp450.000 telah sesuai dengan SK, Ketepatan waktu penyaluran dana dalam 1 tahun 1 kali, dan kesesuaian penggunaan dana telah digunakan untuk kebutuhan sekolah tetapi sisa dana untuk kebutuhan diluar sekolah. Faktor penghambat PIP yaitu faktor komunikasi yang belum berjalan baik antara pihak sekolah dengan peserta didik, kurangnya informasi dari pusat mengenai batas akhir aktivasi rekening penerima dan proses pemantauan kurang optimal dalam penggunaan dana.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kebijakan, Implementasi, Program Indonesia Pintar (PIP)
  • NIM: 1702015025
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2017
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Thalita Rifda Khareani, S.AP., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 9
  • Nomor: 2
  • Tahun: 2021
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): e-Journal Cindiana Putri_1702015025 (10-14-21-01-30-31).docx (253 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): e-Journal Cindiana Putri_1702015025 (10-14-21-01-30-31).pdf (439 kB)