eJournal Ilmu Administrasi Publik

Fisip Universitas Mulawarman

Analisis Informasi Percepatan Terpadu Melalui Media Sosial (Si Cepat Mesi) sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara (Mohammad Haidir)

Submitted by: ,
On: Dec 21, 2022 @ 7:20 AM
IP: 125.160.114.46

  • Judul artikel eJournal: Analisis Informasi Percepatan Terpadu Melalui Media Sosial (Si Cepat Mesi) sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Pengarang (nama mhs): Mohammad Haidir
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Informasi Percepatan Terpadu melalui Media Sosial (Si Cepat Mesi) sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara serta untuk mengidentifikasi faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian terdiri dari: keuntungan relatif, kompatibilitas, kompleksitas, triabilitas, observabilitas dan faktor penghambat. Dalam penelitian ini yang menjadi key informannya adalah Kepala Seksi Pelayanan Umum, staf pelayanan umum dan masyarakat yang menggunakan layanan Si Cepat Mesi. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif seperti yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Si Cepat Mesi merupakan sebuah inovasi pelayanan publik di Kantor Kecamatan Kota Bangun karena menawarkan sejumlah keunggulan-keunggulan komparatif yang membuatnya lebih baik dari layanan sebelumnya, memiliki kompatibilitas yang baik karena dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kondisi masyarakat, mudah dipahami dari segi administrasi dan persyaratan, serta dapat dicoba dan dipantau oleh masyarakat selama implementasinya. Penelitian ini juga menemukan bahwa manajemen berkas telah meningkatkan sejak layanan Si Cepat Mesi di implementasikan. Oleh karena itu, layanan ini dinilai dapat mempermudah pengurusan dokumen bagi masyarakat khususnya dalam pengurusan IUMK dan AK.I. Faktor penghambat yang ditemukan dalam penerapan inovasi layanan Si Cepat Mesi antara lain, layanan yang tidak terintegrasi, jaringan internet yang tidak stabil, kurangnya sosialisasi terkait pelayanan Si Cepat Mesi dan kurangnya berkualitas sarana dan prasarana.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Inovasi Pelayanan Publik, Media Sosial, E-government
  • NIM: 1502015108
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Administrasi Publik
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Dr. Bambang Irawan, M.Si & Dr. Fajar Apriani, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Administrasi Publik
  • Volume: 10
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2022
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): eJournal Mohammad Haidir 1502015108 (12-21-22-07-20-28).docx (350 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): eJurnal Mohammad Haidir 1502015108 (12-21-22-07-20-28).pdf (506 kB)

Print Friendly, PDF & Email